Tuesday, March 15, 2011

Pengenalan handphone

Pada dasarnya, komponen utama ponsel sama dengan PC (personal computer), yaitu hardware dan software. Dua bagian ini tidak dapat bekerja sendiri sendiri.

1.Bagian hardware
hardware merupakan rangkaian elektronik yang ter-compact pada ponsel yang berfungsi saling terkait antara piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan. Hardware utama dari ponsel antara lain: rangkaian transmisi, rangkaian penerima, power supply, penguat sinyal, komponen input dan komponen output.
A. Rangkaian Transmisi
Berfungsi mentransmisikan gelombang radio (radio frequensi atau RF). Rf dipancarkan menuju stasiun relay operator sim-card atau base transreceiver system (BTS) berupa sinyal audio, grafik dan alfanumerik analog.rangkaian transmisi memungkinkan mengirim gelombang yang berisi data yang selanjutnya dapat diterima ponsel lain. Pada ponsel tertentu juga dilengkapi dengan infra-red dan Bluetooth.
B. Rangkaian Receiver
Kebalikan dari rangkaian transmitter yang berfungsi sebagai pengolah dan penyaring sinyal yang diterima ponsel dari operator sim-card (BTS). Rangkaian receiver dilengkapi dengan frequency
shyntezier (osilator frekuensi) yang merupakan IC pembangkit sinyal frekuensi yang memiliki jalur 26 Mhz dan berfungsi menerima data yang berupa suara, grafik dan alfanumerik.

2.Software
Secara umum, software merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan komponen hardware. Software bersifat maya, artinya software tidak terlihat, tetapi keberadaannya sangat dirasakan. Didalam ponsel seluruh aplikasi software tersimpan di dalam processor. Walaupun secara garis besar processor merupakan bagian dari perangkat keras (hardware) ponsel. Komponen processor sebagai berikut:
Central Processor Unit (CPU)
cpu berfungsi sebagai pusat pengendali seluruh system pengolah datayang memberi respon terhadap inputdengan memberikan hasil tanggapan dari pengolahan sistem yang berupa output. Didalam cpu juga tedapat unit processor, antara lain sebagai berikut:
1. master control unit of processor (MCU)
Pada ponsel versi DCT3 dan DCT4, MCU berfungsi sebagai operating system (OS), layaknya windows pada Microsoft pc. Mcu
berperan mengoneksikan seluruh komponen hardware agar support pada software aplikasi yang telah terprogram di ponsel.selain itu, mcu juga berisi data versi ponsel.
2. post programmable memory (PPM)
PPM berisi foftware aplikasi ponsel, seperti setingan (tool) bahasa, nada dering, kalender, jam, aplikasi huruf, dan alfanumerik. Ppm berperan langsung dalam transreveiver dengan operator (provider) gsm yang terkoneksi melalui rx (receiver dan tx (transmitter)
3. electrically ereable programmable read only memory (EEPROM)
EEPROM merupakan sebuah ic (internal circuit) yang dapat menampung seluruh software pengolahan data ponsel. Eeprom layaknya sebuah bank software karena fungsinya yang menampung seluruh software program dan aplikasi pendukung dari ponsel. Semakin canggih ponsel, kualitas software yang ditampung eeprom semakin bagus dan beragam kegunaan. Software dan aplikasi yang sudah ter-include didalam eeprom tidak dapat dihapus atau diubah langsung dari ponsel.
4. random access memory (RAM)
RAM merupakan sebuah ic yang berfungsi memproses input dari keypad yang dilakukan pemilik untuk menjalankan software yang sudah tersedia di EEPROM. Disamping itu ram juga merupakan media penyimpan data pada ponsel yang dapat dimasukkan, diubah, maupun dihapus setiap saat secara manual melalui
keypad, seperti nada dering, phone book, sms, picture, video, maupun musik mp3.
5. digital signal processor (DSP)
merupakan ic pengolah sinyal dengan system kerja menhubah sinyal audio analog menjadi digital, atau sebaliknya. Secara prosedur, DSP tetap dibawah kendali cpu. Dengan kerja dsp inilah yang memungkinkan terjadinya hubungan komunikasi dengan ponsel lainnya.
6. multi mode adaptor (MMA)
mma merupakan ic yang menghubungkan cpu dengan seluruh perangkat output, seperti lampu, ringtone, kamera, dan vibrator.
7. permanent memory (PMM)
merupakan file yang berisi ‘virgin eeprom’ pada ufs box. Ppm digunakan pada saat ponsel mengalami contact service. Contact service disebabkan eeprom bermasalah yang diakibatkan terjadi kerusakan atau corrupt pada file eeprom checksum-nya.