Tuesday, March 15, 2011

Tips memperbaiki handphone tuli

Alat elektronik yang satu ini sangat penting bagi kita, bukan hanya untuk sound system, tetapi juga buat alat bantu pendengaran di ponsel. Pusing rasanya jika ponsel kita kehilangan alat dengar. Sekeras apapun lawan bicara kita berteriak-teriak, tidak akan pernah terdengar oleh kita. Capek deh, serasa seperti orang tuli. Kasus seperti ini beragan macam permasalahanny antara lain, speaker rusak, speaker tersumbat debu, konektor kotor, dan jalur putus. Apabila ponsel kita pakai telepon, maka kita tidak bisa mendengar suara lawan bicara kita, kita bisa melakukan pemeriksaan dan pengujian pada:

A. komponen Speaker
Kita menggunakan multitester yang manual pada skala xl, hubungan kutub positif dan kutub negatif dari kabel multitester pada kaki-kaki komponen Speaker, apabila jarum multitester bergerak maka komponen Speaker tidak rusak. Tetapi bila jarum pada multitester tidak bergerak maka kita perlu mengganti komponen Speaker yang rusak dengan yang baru.
B. Tes jalur komponen Speaker
Terlebih dahulu bersihkan interface/konektor speaker dengan menggunakan cairan pembersih IPA/tiner A spesial. Keringkan, selanjutnya gosok interface/konektor speaker menggunakan penghapus pensil sampai terlihat kuning mengkilat. Hati-hati jangan sampai komponen di sekitar interface/konektorspeaker rusak atau terlepas. Kemudian gunakan multitester manual pada skala xl, hubungkan kabel multitester dengan interface Speaker pada kutub positif dan negatif, apabila jarum multitester bergerak, maka jalur baik, tetapi bila jarum multitester tidak bergerak, maka bisa dipastikan jalurnya terputus. Kita bisa lakukan sistem jumper untuk menghubungkan jalur yang terputus. Apabila jalur baik, coba panaskan IC Audio dengan menggunakan blower. Jika ponsel masih tuli, gantilah IC Audio dengan yang baru.
C. Software
Jika kita sudah lakukan pemeriksaan secara hardware mulai dari komponen sampai tes jalur dan memanasi/mengganti IC Audi, tetapi ponsel tetap tuli, maka kita lakukan program ulang (flash).