Tuesday, March 15, 2011

Cara memperbaiki handphone bisu

Berteriaklah yang keras, sampai pita suara kita putus tidak akan terdengar lawan bicara kita. Jangan pusing, permasalahan seperti ini adalah masalah klasik ponsel. Para teknisi menyebutnya dengan ponsel bisu. Ada beberapa macam penyebab kerusakan mikrofon antara lain, mic rusak, mik tersumbat debu, jalur putus dan konektor kotor. Jika kita menemukan permasalahan seperti ini kita bisa melakukan pemeriksaan dan pengujian pada:



A. Komponen Mic
Gunakan multitester yang manual pada skala xl, hubungan kabel kutub positif dan kabel kutub negatif dari multitester pada kaki-kaki komponen mic, apabila jarum multitester bergerak maka komponen mic dalam keadaan baik. Tetapi apabila jarum pada multitester tidak bergerak maka kita perlu mengganti komponen mic tersebut, sebab komponen mic yang rusak.

B. Tes jalur komponen Microfon
Terlebih dahulu bersihkan interface/konektor microfon dengan menggunakan cairan pembersih IPA/tiner A spesial. Keringkan, selanjutnya gosok interface/konektor microfon menggunakan
penghapus pensil sampai terlihat kuning mengkilat. Hati-hati jangan sampai komponen di sekitar interface/konektormicrofon rusak atau terlepas. Untuk tes jalur kaponen microfon, kita juga gunakan multitester manual pada skala x1, hubungkan kabel multitester dengan interface mic pada kutub positif dan negatif. Apabila jarum multitester bergerak maka jalur baik, tetapi bila jarum multitester tidak bergerak, maka jalur mic terputus. Kita bisa lakukan sistem jumper untuk mengatasinya. Apabila jalur baik, coba panaskan IC Audio dengan menggunakan blowerJika ponsel masih bisu, gantilah IC Audio dengan yang baru.

C. Software
Jika kita sudah lakukan pemeriksaan secara hardware mulai dari komponen sampai tes jalur dan memanasi/mengganti IC Audio, tetapi ponsel tetap bisu, maka kita lakukan program ulang (flash).