Social Icons

Pages

Sunday, October 30, 2011

Cara mengukur kapasitas condensator dengan multitester

Kondensator/kapasitoradalah suatu alat yang dapat menyimpan energi didalam medan listrik,dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.Konsdensator memiliki satuan yang disebut farad,ditemukan oleh michel farraday (1791-1867).
Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor" namun kata kondensator hingga saat ini masih banyak dipakai.Pertama disebut oleh alessandro volta seorang ilmuan itali pada tahun 1782(dari bahasa itali condensatore),berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding dengan yang lainnya.

Kondensator diidentikkan mempunyai 2 kaki dan 2 kutub yaitu positif dan negatif,serta mempunyai cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung,lambang kondensator ini memiliki kutub postif dan negatif pada skema elektronika.
Jenis yang lain dari kondensator biasanya nilai kapasitasnya lebih rendah dan tidak mempunyai kutub positif dan negatif,pada jenis ini kebanyakan berbentuk bulat dan pipih dan berwarna coklat,merah,hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.Jenis ini sering disebut kapasitor/kondensator keramik


Lambang pada skema elektronik dari kapasitor jenis ini tidak mempunyai kutub.
Satuan dalam kondensator disebut farad,
1 Farad : 9 X 1011cm2
  • 1Farad = 1.000.000 mf (mikro farad)
  • 1mf      = 1.000.000  pf (pikofarad)
  • 1mf      = 1.000 nf (nanofarad)
  • 1nf       =  1.000 pk (pikofarad)
  • 1pf       =  1.000 mmf (mikromikro farad)
Langkah pengukuran:
1.Pilih skala/arahkan jaru skala pada bagian F dan pilih skala ukuran yang sesuai.

Tutorial terkait



No comments:

Post a Comment