Monday, November 25, 2013

Mengenal Surface Mount Resistor - Chip Resistor Pada Motherboard

Surface Mount Resistor (SMR) juga disebut resistor chip, dibangun dengan mendepositokan film karbon tebal di dasar keramik. Nilai resistansi yang tepat ditentukan oleh komposisi karbon itu sendiri, maupun oleh jumlah pemangkasan dilakukan pada deposit karbon. Resistensi dapat bervariasi dari sebagian kecil dari satu ohm hingga lebih dari satu juta ohm.

Daya disipasi peringkat biasanya 1/8 sampai 1/4W listrik. Koneksi ke elemen resistif dibuat melalui dua elektroda akhir terminal solder. Bagian akhir elektroda berbentuk C. Dimensi fisik dari resistor chip adalah 1/8-W: 0,125inc panjang 0,063inc dan lebar sekitar 0,028 inc. Ini adalah berapa kali lebih kecil dari resistor konvensional. Surface Mount Resistor chip sangat stabil walaupun pada suhu yang sangat ekstrim. Bagian akhir Elektroda disolder langsung ke dengan tembaga pada papan sirkuit, maka permukaan maka namanya Surface-mount.

Cara membaca Kode / Nilai Resistor

 Karena permukaan resistor begitu kecil, tidak ada cukup ruang untuk band-band kode warna. Tanda digunakan untuk memberikan nilai resistor terdiri dari 3 atau 4 huruf atau angka yang mungkin lebih mudah dibaca dengan kaca pembesar. Membaca kode dibuat lebih rumit karena ada sejumlah kode yang berbeda digunakan. Paling umum adalah kode 3 nomor yang bekerja dalam cara yang mirip dengan band-band kode warna pada resistor kawat konvensional.
Dua angka pertama memberikan dua digit pertama dari nilai resistor sedangkan digit ketiga memberikan jumlah nol (atau faktor pengali). Sebagai contoh: Sebuah resistor ditandai 332 atau 3300 maka nilainya adalah 3K3 (3,3 kilohm dimana K menggantikan titik desimal). Sebuah resistor ditandai 475 adalah 4.700.000 atau 4M7 (4,7 megom - M menggantikan titik desimal). Untuk resistor kurang dari 100 ohm, angka terakhir akan 0 TIDAK menunjukkan nol. Oleh karena itu 33 ohm akan ditandai 330 (yaitu tiga puluh tiga dan tidak ada angka nol) meskipun beberapa resistor mungkin ditandai 33R (untuk menghindari kebingungan!).
Sebuah resistor 330 ohm akan ditandai sebagai 331 (tiga puluh tiga diikuti oleh satu nol). Bagaimana jika nilai tersebut bahkan lebih rendah dari 4.7ohms misalnya? Maka titik desimal diganti dengan dengan huruf R untuk memberikan 4R7. Ada juga kode-digit 4 di gunakan untuk resistor dengan toleransi rendah + / -1% atau kurang yang memberikan 3 digit nilai dan menggunakan digit keempat untuk jumlah nol (multiplier). Menggunakan kode ini ohm resistor 10 akan ditandai 10R0, 100 ohm ditandai 1000, dan 1K ohm adalah 1001 dll