Sunday, January 19, 2014

Adaptor DC/Power AC Laptop



 
Power supply pada laptop adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah.Selain itu power supply juga bertugas untuk mengubah dari listrik AC menjadi DC sesuai dengan yang dibutuhkan/digunakan untuk laptop.Meskipun laptop bisa dipakai tanpa menggunakan battery yaitu dengan langsung terhubung power supply,namun sebenarnya fungsi utama dari Power supply adalah sebagai charge battery laptop.
Adaptor DC/Power Ac laptop biasanya didukung oleh battery isi ulang internalyang dibebankan menggunakan catu daya eksternal dengan output tegangan DC kisaran 7,2 – 14,8 Volt.Power supply atau adaptor DC merupakan perangkat eksternal Laptop yang menghubungkan Laptop dengan koneksi kabel konektor AC.
Power supply bertugas mengisi bateri dan sebagai sumber daya laptop secara bersamaan,ketika bateri laptop sudah terisi penuh dan laptop terus dijalankan maka akan menggunakan daya yang disediakan oleh power supply/adaptor  eksternal.Berat power supply/adaptor laptop sekitar 400gram.
Hal hal yang perlu diperhatikan jika mengganti atau membeli adaptor baru pada laptop adalah sebagai berikut :
1.      Adaptor harus mempunyai tegangan output yang sama persis dengan adaptor asli yang dibutuhkan oleh laptop yang akan dipakai.
2.      Konektor adaptor harus sama dengan konektor/ujung soket adaptor aslinya.
3.      Polaritas pada plug adaptor baru/pengganti harus sama dengan adaptor aslinya.