Saturday, December 28, 2013

Cara Mengukur Tegangan Pada Motherboard Laptop

Dalam motherboard laptop ada beberapa tegangan yang perlu kita ketahui normal atau tidaknya input output tegangan pada motherboard tersebut.
Sebelum melakukan berbagai macam pengukuran tegangan pada motherboard silahkan baca kembali persiapan pengukuran tegangan pada motherboard laptop dan cara penggunaan multitester.


1.Pengukuran Tegangan 12Volt Motherboard Laptop

Untuk melakukan pengukuran tegangan 12 volt silahkan pasang probe hitam multimeter pada pin warna hitam dan probe meras pada pin kabel warna kuning dan lihat hasil pengukurannya.
Cek angka yang dihasilkan pada multitester,hal ini bisa sedikit berbeda tergantung tester yang digunakan,namun tidak akan berbeda jauh 12,..

2.Pengukuran Tegangan 5 volt

Masukkan probe merah multimeter kedalam pin merah Power supply. Hasil pengukurannya harus menunjuk pada 5 volt.

3.Pengukuran Tegangan 3.3 Volt Motherboard Laptop

Mengukur 3.3V ini berbeda dengan 5v & 12v karena tidak ada lead 3.3V pada koneksi Molex. Tergantung pada catu daya, Anda mungkin memiliki dua cara untuk mengukur :
1) Sata Lead 
Bagian bawah dari beberapa leads memberikan akses ke sentuhan sambungan (oranye) 3.3V yang berupa sambungan logam yang terbuka pada timbal oranye dimana akan dimasukkan probe merah multimeter.
 2) 24pin Mobo Lead
Pengukuran untuk pin orange diperlihatkan pada gambar di bawah ini;

3.Pengukuran Tegangan CPU Vcore 

Catatan: Mengukur poin daya PSU relatif mudah. Mengukur titik tegangan pada motherboard lebih berbahaya, hati-hati dengan pin probe multimeter jangan sampai menimbulkan hubungan listrik pendek ke komponen chip lainnya. Jadi saya tidak akan menyarankan melakukan hal ini ketika Anda sedang kurang tenang.
Periksa lokasi titik pengukuran core. Ini tidak mudah ditemukan pada tiap Motherboard dan karena itu Anda harus memiliki data lengkap mengenai Motherboard yang Anda servis.
Dibawah ini saya berikan contoh pada tempat probe pada titik pengukuran Vcore salah satu Motherboard.







Baca hasil pengukurannya sebagai berikut :
Catatan: agar pembacaan yang kita lakukan memberi hasil terbaik, dilakukan dua kali pengukuran:
a. Pada PC yang menjalankan idle.
b. Dengan PC yang sedang bekarja aktif. Sebagai pembanding jalankan benchmark tertentu yang serupa untuk tes Vcore. Dalam kasus Vcore perbedaan antara 2 hasil pengukuran dikenal sebagai vdroop.