Saturday, December 28, 2013

Persiapan Yang Perlu dilakukan Untuk Melakukan Pengukuran Pada Motherboard Laptop

Dalam tahap perbaikan komputer atau laptop khususnya pada kerusakan yang terjadi pada bagian motherboard kita perlu melakukan pengukuran pengukuran terhadap komponen komponen yang berada pada motherbard.
Sebelum melakukan pengukuran tegangan pada motherboard perlu kita persiapkan beberapa hal sebagai berikut:

1.Persiapkan Multitester ,

Multitester merupakan alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi laptop atau elektronik lainnya,dalam tutorial komputer terdahulu sudah dibahas cara menggunakan multitester.
Karena tegangan tertinggi yang akan kita ukur adalah 12 v maka setting pengaturan tegangan pada multimeter adalah 20 volt. Tetapi jika melakukan pengukuran pada komponen yang diketahui tegangannya dibawah 10 Volt maka setting tegangan pada multimeter adalah 10 Volt jika tersedia.
Sebelum memulai pastikan multimeter anda sudah bekerja dengan benar. Sebagai gambaran untuk mengingatkan kembali, untuk warna-warna dari pin power supply adalah;
  • Kuning = 12v 
  • Hitam = Ground/Earth 
  • Red = 5V 
  • Orange = 3.3V
 2.Siapkan motherboard dan power supply
Langkah awal adalah siapkan Motherboard dan power supply yang masih baik yang akan diukur tegangannya. Anda bisa mengeluarkan dari casing jika kurang bebas mengukur, tetapi bisa juga diukur langsung ketika Motherboard dalam casing. Kemudian jalankan komputer. Beberapa vendor menganjurkan bahwa Anda mendapatkan pembacaan motherboard yang lebih akurat jika ada arde atau pentanahan ke Motherboard.